Tue. Oct 19th, 2021

Kegiatan 1 Muharam 1443 H Di Pondok Pesantren Al-Falah Jatinangor

Jatinangor,

 

Peringatan 1 Muharram merupakan bagian dari tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun oleh para alim ulama sejak dulu. Para santri Al-falah Jatinangor dengan semangat menggelar peringatan 1 Muharram 1443 dengan mengadakan kegiatan perlombaan yang telah dilaksanakan pada hari sabtu-minggu (14-15/8).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan peringatan 1 muharram tahun ini dilakukan hanya dilikungan pesantren yang bertepan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-76. Kegiatan peringatan 1 Muharram pada tahun sebelumnya yaitu di isi dengan pawai obor bersama masyarakat terdekat. Karen pandemi covid-19 dan aturan pemerintah yang melarang adanya kerumunan maka kegiatan tahun ini hanya di pesantren.

“Adanya pandemi covid-19 dan larangan untuk berkerumun membuat pengurus harus tetap melaksanakan peringatan 1 Muharram 1443 H/2021 M, agar para santri tetap semangat dalam menuntut ilmu,” kata Abdul Kholis selaku Rois, Sabtu (14/8).

Semua santri mengikuti kegiatan 1 Muharram 1443 H diisi dengan kegiatan perlombaan, Cerdas Cermat Al-Qur’an (CCQ), Karaoke, Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Pidato. Antusiasme santri memuncak ketika lomba Cerdas Cermat Al-Qur’an (CCQ) digelar di satu panggung yang dibuat oleh panitia.

Sebelum final CCQ di gelar, sesepuh pondok pesantren sekaligus pimpinan pontren KH. A. Furqon memimpin istigosah qubro bersama para santri. Istigosah ini sekaligus mendo’akan para syuhada dan para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan Negara Indonesia.

“Semoga dengan peringatan 1 Muharram 1443 H dan Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-76 ini mendapat keberkahan serta dapat menjalankan kehidupan kita dengan baik, serta pandemic cepat berlalu terkhusu untuk negara Indonesia dan umumnya di dunia” ujar Kyai Aceng Muhyi selaku ketua Yayasan Pendidikan Al-Falah.

Penulis : Afif Ginanjar

Editor : Tim Media Al-Falah Jatinangor